Senin, 18 Mei 2015

SIAPA SEBENARNYA ISA AL MASIH (YESUS KRISTUS) ITU????

Pertanyaan mengenai siapa sebenarnya   Isa Al Masih atau yang orang Kristen sebut sebagai Yesus, banyak sekali di pertanyakan oleh orang - orang yang berusaha mempelajari atau berusaha megetahui. Siapa sebenarnya Yesus yang merupakan juru selamat Orang Kristen? Orang Kristen sangat mengimani bahwa Yesus adalah satu - satunya jalan yang Keselamatan  yang menebus dosa - dosa umat manusia. 


Dengan perenungan yang dalam saya menemukan sebuah kesimpulan tentang siapa Yesus. saya melihat bahwa orang Kristen sudah menerima anugrah keselamatan. sedangkan saya masih harus berdoa siang malam meminta - minta untuk di beri keselamatan dan mendoakan nabi Muhamad Saw berserta keluarga nya supaya diberi keselamatan. Dari situ saya besemangat untuk mengkaji lebih dalam lagi Al qur'an dari surat Al Faatkhah , An Naas. Dimana penekanan surat Al Faatikhah terletak pada ayat 5 dan 6, yaitu dimana manusia  diperintahkan untuk menyembah dan meminta pertolongan hanya kepada Allah saja, supaya manusia di beri hidayah Allah ke jalan yang lurus.

"Iyya kana' budu wa iyya kanasta 'iin ihdinaash shiroo thol mustaqiim"
"Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tunjukanlahh kami jalan yang lurus. Qs. al fatihah 1:5-6

Saya teruskan membaca AL Qur'an yat demi ayat, surat demi surat saya temukan jawabannya yang berbunyi :

"dan sesungguhnya Isa itu benar - benar memberi pengetahuan tentang hari kiamat. karena. karena itu janganlah kamu ragu - ragu tentang hari kiamat itu dan ikutlah Aku. inilah jalan yang lurus. Az Zukhruf 43:61

 Al Qur'an menyatakan bahwa Isa itu benar - benar memberi pengetahuan tentang hari kiamat, maka timbul pertanyaan di benak saya : bukankah hanya Allah swt yang mengetahui tentang hari kiamat itu? karena menurut Al  Qura'an  surat Luqman, bahwa pengetahuan tentang kiamat itu hanya si sini Allah. 
"Sesungguhnya Allah, hanya pada sisiNya sajalah pengetahuan hari kiamat itu" Qs Luqman 3:34

Mengapa Isa juga mengetahui hari kiamat, lalu siapakah sebenarnya Isa ini??
Pertanyaan tersebut terjawab saat saya membaca Al Qur'an yaitu di dalam Surat Ali Imron  3:45, yaitu :
"Ketika malaikat berkata: hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat dari pada-Nya namanya Al masih Isa PutraMaryam. seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang yang terdekat dengan Tuhan". 

Pernyataan ayat diatas spontan membuat saya tersentak, maka saya semakin menyadari dan memahami, karena dengan jelas dan tegas ayat itu mengatakan bahwa Isa Maryam adalah Kalam atau Firman Allah. Kata Almasih artinya yang diurapi dan terkemuka di dunia dan akherat.
Secara tersirat ayat dan tersurat ayat ini menyatakan bahwa Isa itu pada hakikatnya adalah Firman Allah yang di urapi menjadi Tuhan (penguasa) maka status kedudukan-Nya terkemuka di dunia dan di akhirat. Pertanyaannya adalah  siapa pribadi ini yang memiliki  kedudukan dan kehormatan terkemuka didunia dan dinakhirat kecuali Allah swt  lalu siapa Isa itu? Sebab tidak ada manusia, Nabi, Rasul, atau malaikatbyang punya kedudukan atau kwhormatan terkemuka di dunia dan akhirat.
Surat  An Nisaa 4:171 semakin meyakinkan saya, yang terjemahannya adalah sesungguhnya Al Masih Isa  Putra Maryam itu, adalah utusan Allah dab kalimat Nya yang di sampaikan kepada Maryam, dan Roh dariNya. Qs. AN Nissa 4:171.
Sangat jelas bahwa Isa Almasih  itu adalah utusan Allah, Firman Allah, Roh Allah sangat jelas sekali pada saat Hadits Shahih Bukhari (HSB) 1496 dan Hadis Anas Bin  Malik hal.72:
Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan Kalam Allah.
Dalam pernyataan  Hadis Shokhih Muslim  dan Hadits Shokhih Bukhori yang mengatakan :

"Demi Allah jiwa ku di tanganNya, sesungguhnya telah dekat masa Isa Anak Maryam akan turun di tengah - tengah kamu, Dia akan menjadi hakim yang adil." HSM 127, HSB 1090

Mengapa Al Quran menyatakan bahwa Isa adalah Hakim yang adil, bukankah hanya Allah saja sebagai hakim yang adil itu dan hakim yang seadil - adilnya. seperti yang tertulis di dalam qs At Tiin 95:8 : " Alaysallahu bi akh khamil khakhimin" , bukankah Allah  Hakim  yang seadil - adilnya"

Al Quran memberikan data yang banyak mengenai siapa Isa tersebut, seperti "
1. Qs. 19:19 :
 Isa Almasih seorang anak laki -laki yang suci.
2. Qs. 19:21:
Isa Almasih sebagai tanda bagi manusia dan rahmat dari Allah.
3. Qs. 19:31 
Isa Almasih seorang yang diberkati Allah dimana saja berada
4. Qs. 3:45 
Isa adalah Kalam Allah, terkemauka di dunia dan di akhirat
5. Qs. 4:171 :
Isa Almasih utusan Allah, Kalam Allah dan Roh Allah
6. Qs. 21:91
Isa dan Ibunya dijadikan tanda yang besar bagi Alam semesta

Siapa Isa jika dillihat dari Hadits :
1. HSB . 1496 :
Isa itu adalah utusan Allah, Kalam Allah, Roh Allah
2. HSB.1090 Dan HSM 127 
Isa akan turun menjadin Hakim yang adil 
3. H. Anad bin Malik hal. 72:
Isa Roh Allah dan Kalam Allah 
4. HSM jilid I hal 74:
Isa adalah Imam Mahdi  dan Hakim yang adil
5. H. Ibnu Majah:
Tidak ada Imam Mahdi selain Isa putra Maryam

Pernyataan - pernyataan yang di paparkan dari Al Quran dan Hadits membuat saya seperti disinari dengan cahay terang kebenaran untuk terus melangkah menuju " Jalan keselamatan" bagi saya. Dengan demikian akhirnya saya simpulkan bahwa umat Kristen sudah dijamin dengan kepastian keselamatan, sedangkan saya setiap hari berkali - kali berdoa meminta  supaya diberi keselamatan, serta berkali - kali pula setiap hari saya mendoakan nabi Muhamad Saw dan keluarganya supaya diberi keselamatan. Dan berkali - kali meminta kepada Tuhan supaya di beri jalan yang lurus (Qs. Al Fatikhah 1:6) dan Al quran memberikan jawaban dalam Az Zukhuruf 43:61 : "dan sesungguhnya Isa itu benar - benar memberi pengetahuan hari kiamat,, karena itu janganlah kamu ragu - ragu tentang hari kiamat itu dan ikutilah Aku. iniilah jalan yang lurus."
Az Zukhuruf 43:63  "maka bertakwalah kepada Allah dann taatlah  kepadaku"

Dengan berbagi pernyataan ayat dalam mAl Qura'n dan hadits maka sangat jelas bahwa Isa Almasih (Yesus) adalah Hakim yang adil yang menentukan siapa yang masuk neraka atau surga. manusia bisa selamat di hadapan hakim yang adil jika oarang tersebut sudah punya tmda dan rahmat dari Allah. tandanya adalah dengan percaya kepada Isa (Yesus Kristus)  dan mengimani dengan sepernuh hati serta tulus murni bahwa Isa Almasih atau Yesus Kristus adalah Tuhan dan juru selamat. 



Sumber:  
Kesaksian Paulus M (hal 11-19)


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus