Kamis, 22 Juni 2017

Theodise dan Kedaulatan ALLAH




Saya sadari sebagai penulis untuk menulis tulisan ini bukanlah hal yang mudah, di mana pertanyaan mengenai penderitaan dan kejahatan, mempertanyakan keberadaan Allah di saat masa-masa sulit yang begitu menyakitkan terjadi. Namun jika penulis tidak mengalami suatu penderitaan dalam kehidupan nyata, maka tulisan ini hanya sebuah cerita penderitaan teoritis saja. Dengan sudah menempati posisi penderitaan tersebut maka tulisan ini akan menjadi tulisan yang hidup, di mana penulis juga pernah merasakan apa yang pembaca rasakan. Kehilangan, kesakitan, jeritan dan tangis menjadi kekuatan dasar dari penulis untuk mengajak pembaca semakin mencintai Tuhan melalui penderitaan yang sedang di alami. Pertanyaan yang begitu menonjol saat seseorang mengalami penderitaan adalah mengenai keadilan Allah dan eksistensi Allah dalam kehidupan ini. Doa dan harapan penulis melalui Tulisan sederhana ini akan memberikan pengertian yang benar dan kekuatan yang baru bagi pembaca semuanya. Kita mulai dari keadilan Allah (teodise).
Teodise merupakan salah satu kandungan yang ada dalam sastra hikmat dalam perjanjian Lama. Teodise dalam PL berkaitan dengan kenyataan sakit penyakit, penderitaan, dan kematian di dalam dunia dalam hubungannya dengan kekudusan dan Keadilan Allah. Pokok pembahasannya yaitu meliputi penderitaan manusia, kemiskinan dan ketidak-adilan sosial, kecurangan hidup, kehidupan setelah kematian (Pkh. 3:16-22) dan tujuan serta makna hidup (Pkh. 4:1-3).[1] Pengertian dari teodise sendiri adalah pembelaan akan adanya Tuhan. Teodise berasal dari bahasa Yunani dari kata theos (Tuhan) dan dike (Keadilan), dicetuskan pertama kali oleh seorang filsuf Jerman, Gottfried Wilhem Leibniz lewat penerbitan bukunya essais de Théodicée pada 1710 yang berisikan analisis-analisis filosofis.[2] Jika digabungkan menjadi mengadili adanya Tuhan, atau pengadilan akan adanya Tuhan, dengan perkataan lain teodise berarti Keadilan, kebenaran atau pembenaran Allah (oleh manusia) atau usaha yang membenarkan tindakan-tindakan Allah.
Sebelum membahas teodise menurut sudut pandang dari alkitab, penulis menjelaskan teodise secara umum. Teodise ada karena respon dari adanya kejahatan dan penderitaan sehingga timbul orang-orang yang mempertanyakan eksistensi Tuhan yang mahabaik, mahakuasa, mahatahu, dan maha adil. Seorang yang bernama John M. Frame dalam bukunya menuliskan mengenai “kejahatan” dan “penderitaan” merupakan suatu hal yang harus diperhatikan secara serius karena hal ini dijadikan dasar atau alasan untuk melawan keimanan kaum Theisme.[3] Kejahatan dan penderitaan itu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, keduanya dapat menimbulkan sebab dan akibat dari kedua hal tersebut. Asumsi-asumsi tanpa dasar dan tidak memiliki standar yang sah para Filsuf mengatakan bahwa sifat Allah yang mahatahu, mahakuasa, dan maharahim tidak cocok dengan adanya kejahatan dan penderitaan di dunia ini.[4]
Menurut John Hick sebagaimana disadur oleh Meister, penderitaan karena kejahatan moral itu berasal dari manusia itu seperti contoh pikiran kejam dan ketidakadilan yang teraplikasi di dalam perbuatan mereka. Golongan yang termasuk di dalam Kejahatan moral yaitu “tindakan” seperti berbohong, memperkosa, membunuh, dan lain sebagainya juga “karakter” seperti kedengkian, keserakahan, iri hati dan sebagainya. Berbeda dengan penderitaan yang disebabkan karena alam, itu merupakan sesuatu yang berada diluar batas kemampuan pikiran dan tindakan manusia. Yang sangat jelas terlihat seperti wabah penyakit, bencana alam, dan lain sebagainya. Kontras dengan penderitaan yang disebabkan oleh alam yaitu penderitaan yang disebabkan oleh alam namun penyebab utamanya adalah ulah manusia itu sendiri yang tidak diperhitungkannya sebelumnya dan masuk dalam kejahatan moral.[5]
Ada anggapan bahwa penderitaan itu merupakan sesuatu persoalan filosofis yang berujung kepada pertanyaan yang mempertanyakan keberadaan Allah. Sama dengan filsuf-filsuf yang lainnya yang mempertanyakan tentang keberadaan Allah seorang Filsuf bernama J.L. Mackie berargumentasi melawan Allah melalui bukunya yang berjudul The Miracle Of Theisme,” jika ada Allah yang baik dan berkuasa, Dia tidak akan mengizinkan kejahatan yang tidak bermakna ini, tetapi karena ada banyak kejahatan yang tidak bermakna dan tidak dapat dibenarkan, maka Allah tradisional yang baik dan berkuasa tidak mungkin ada. Beberapa dewa tertentu mungkin ada atau tidak ada, tetapi Allah tradisional tidak ada.[6]Adanya kejahatan dan penderitaan menyebabkan anggapan bahwa Allah yang baik tidak ingin meniadakan penderitaan dan kejahatan karena hal tersebut sangat kontras dengan status atau gelar yang dimiliki oleh Allah dan ungkapan yang lebih sinis lagi adalah bahwa Allah tidak tahu bagaimana cara membasminya[7]. Berikut ini adalah premis dasar para filsuf dalam memandang Allah dalam keterkaitan-Nya dalam penderitaan yang terjadi di dunia ini.
Premis 1: Jika Allah Mahakuasa, Ia akan dapat mencegah kejahatan dan penderitaan .
Premis 2: Jika Allah Mahabaik, Ia akan berkehendak untuk mencegah kejahatan dan penderitaan.
Kesimpulan:    Jadi, jika Allah Mahakuasa dan Mahabaik, maka tidak akan ada kejahatan dan penderitaan.
Premis 3 : Tetapi kejahatan dan penderitaan ada.
Kesimpulan:    Oleh karena itu, tidak ada Allah yang Mahakuasa, Mahabaik.[8]
Ada pendapat lain yang berasal dari Leahy yaitu fakta bahwa dalam dunia ada kejahatan dan penderitaan merupakan sebab utama orang menjadi ragu-ragu apakah memang ada Allah yang baik, yang menciptakan dan memelihara alam raya dengan manusia yang ada di dalamnya. Maka pertanyaan yang timbul adalah mengapa Allah membiarkan adanya kejahatan dan penderitaan merajalela dalam dunia? Sangat terlihat jelas sepertinya tidak ada Keadilan yang terjadi dalam hal ini karena pada faktanya kejahatan dan penderitaan dialami oleh orang yang tidak bersalah, mereka tidak mengalami hal-hal yang positif sama sekali. Dengan keadaan yang seperti demikian maka bagaimana dapat dijelaskan dan diselaraskan antara ke maha kuasaan Allah, Keadilan Allah, dan kebaikan Allah.
Dengan melihat pandangan-pandangan yang dikatakan oleh beberapa tokoh yang mempertanyakan keeksistensian Allah dan mempertanyakan tentang permasalahan kejahatan dan penderitaan sesungguhnya pandangan-pandangan mereka yang didasarkan dengan realitas yang terjadi mendukung pendapat mereka tentang ketidak-beradaan Allah. Karena hal demikian, Ronald H. Nash menyatakan bahwa orang-orang percaya harus tegas dengan keyakinan mereka bahwa dunia dan segala kejahatannya diciptakan oleh Allah.[9] Tanggapan lain yang berasal dari para teolog dan filsuf teistik yang berusaha memberikan argumentasi-argumentasi atau bukti-bukti yang meyakinkan bagi adanya eksistensi Allah yang sering disebut dengan teologi natural.[10]
Di dalam kitab Perjanjian Lama, seolah-olah Allah berdiam diri dan eksistensinya Allah tidak terlihat terhadap keluhan-keluhan dari beberapa tokoh alkitab yang menyerukan pertanyaan dan protes kepada Tuhan seakan-akan tidak ada Keadilan lagi karena kondisi yang mereka alami tidak sesuai dengan perbuatan mereka atau iman mereka. Mereka beriman bahwa Tuhan akan menolong mereka namun pada kenyataannya mereka tidak memperoleh pertolongan tersebut. Seruan pertanyaan dan protes kepada Tuhan terlihat di dalam Mazmur 10; 12; 14; 22; 13; 35; 36; 37; 43; 44; 49 dan, 73; 74; 79; 80; 83; 88; 89; 94; 115:2;140; Pkh. 9:1-6;3:16-22, Pkh. 4:1-3; Yer. 12: 1-2, (Yes. 42: 1-4; 49: 1-6; 50: 4-9; 52: 13-53: 12).[11] Sangat terlihat jelas dalam ayat-ayat tersebut bagaimana tokoh-tokoh yang ada dalam menyerukan tentang Keadilan Allah. Ketidakadilan juga muncul dari dalam keluhan seorang nabi yang bernama Habakuk karena terjadi pelanggaran dan pemutarbalikan Taurat dimana orang-orang Fasik memperlakukan orang-orang benar dengan semena-mena (Hab. 1:2-4), dengan keadaan seperti ini Habakuk mempersoalkan Keadilan TUHAN, sepertinya TUHAN berdiam dan melakukan pembiaran terhadap pelanggaran yang terjadi. Dalam seruannya, Habakuk menunjukkan persoalan ketidak-adilan yang terjadi melingkupi permasalahan Keadilan dan keagamaan, di dalamnya terdapat orang-orang yang merampas milik orang lain, orang-orang yang mengambil laba yang tidak halal, orang-orang yang membangun di atas dasar kekerasan dan kekejaman dan ketidak adilan, orang-orang yang menyembah berhala.[12] Dari ayat-ayat dan tokoh yang dituliskan di atas terlihat seruan mereka mempertanyakan tentang kondisi orang fasik yang memiliki kehidupan yang makmur dan kehidupan yang nyaman, sehingga tidak sesuai dengan konsep dan tatanan yang sudah berlaku bahwa seharusnya orang fasik memiliki kehidupan yang jauh dari berkat, kemakmuran dan kenyamanan hidup. Dalam ungkapan tokoh-tokoh tersebut sepertinya mereka kehilangan harapan di dalam ketidak-adilan yang mereka alami.
Bagaimana memahami sifat Keadilan Allah berhadapan dengan fakta adanya penderitaan, jika diperhatikan pengertian dari Keadilan yang dilihat dari bahasa Ibrani nya adalah Kata משׁפט berasal dari kata dasar שׁפט (saphat), yang memiliki arti menghukum, menjadi hakim, menghakimi, mengadili, membela dan memerintah. Di dalam Perjanjian Lama, kata tersebut ada sekitar 422 kali,[13] sehingga kata Mišp̠āṭ diartikan sebagai Keadilan (justice) dan arti dasarnya adalah cara yang benar bagi seseorang untuk membawakan diri, dan cara yang benar untuk memperlakukan orang lain. Proses menyatakan hak perseorangan ialah Keadilan, dan jika seseorang melakukan kejahatan maka patut ia dihukum.[14] Mišp̠āṭ menjadi tanda dari Keadilan dalam semua pribadi (personil) administrasi sipil yang benar, yang harus diutamakan Keadilan terutama adalah satu sifat TUHAN, sebab semua Keadilan yang benar mendapatkan sumbernya hanya dari pada TUHAN semata-mata saja (Ams. 29:26),[15] ini berarti bahwa setiap orang memperoleh haknya sesuai dengan apa yang diterimanya tanpa pilih kasih atau diskriminasi karena Alkitab sangat menekankan Keadilan di dalam hubungan antar manusia. Keadilan dilihat sebagai sifat Allah yang dinyatakan dengan membela orang-orang yang tertindas dalam rangka memelihara kehidupan.[16]
Perjanjian lama tidak hanya memperkenalkan Allah sebagai sang pencipta langit dan bumi saja, namun Allah diposisikan sebagai sang pembebas bagi orang-orang yang tertindas, dalam pengalaman hidup bangsa Israel yang telah mengalami pembebasan oleh Allah dari tanah perbudakan menjadikan hal tersebut dasar bahwa Allah itu berkuasa dan adil dan hal ini juga menjadi dasar untuk konsep Retribusi (prinsip pembalasan/konsekuensi logis) yang menyatakan bahwa orang benar akan diberkati dan orang berdosa akan dihukum. Secara jelas dinyatakan bahwa kitab Ulangan (Ul. 11:13-17) dan diperluas dalam Imamat 26 dan Ulangan 28, di sini hukum diberikan kepada bangsa Israel bahwa berkat untuk kebaikan dan hukuman untuk dosa,[17] apapun yang dilakukan Allah itu merupakan perwujudan dari Keadilan Allah (Yes 5:16; Mzm. 50:6) karena Allah adil dalam segala perbuatan-Nya (Mzm. 119:137). Keadilan Allah menunjukkan perilaku yang benar atau watak yang benar, sikap lurus, selaras dengan semua norma tertentu. Seringkali disertai dengan unsur kehakiman, yakni ada hubungannya dengan pengadilan atau keputusan-keputusan berdasarkan hukum.[18]
Dengan melihat persoalan penderitaan yang terjadi di dalam kitab Ayub merupakan persoalan yang universal, yang bukan hanya terjadi di dalam kitab Ayub namun penderitaan seperti itu terjadi juga dalam kehidupan sehari-hari dalam dewasa ini. Bullock dalam bukunya menuliskan kitab Ayub secara teologis permasalahan utama dalam kitab Ayub adalah persoalan kejahatan dan dikembangkan kedalam dua kutub yaitu kedalam ranah Keadilan Allah, kejujuran dan ketulusan orang benar yang di dalamnya terkandung persoalan lain yaitu misteri kejahatan kemakmuran orang jahat, dan penderitaan orang benar. Bullock mengutip hasil penelitian dari Kaufmann yang menyatakan dampak pertanyaan yang lebih besar dari konsekuensi tidak logis yang terjadi seperti dalam kitab Ayub. Pertanyaannya adalah apakah di dunia ini benar-benar ada suatu tatanan moral? [19] Sementara Brueggeman dalam bukunya mengatakan bahwa Tuhan melakukan “teologi Lazim” yakni kecondongan TUHAN mengharuskan satu tatanan (moral, politik atau yang lain) menjamin sistem manfaat dari tatanan itu dengan keras memberikan hukuman yang keras kepada orang yang melecehkan tatanan itu.[20] Dengan melihat dari pendapat Brueggeman yang memberikan penghukuman kepada orang yang melecehkan tatanannya, secara otomatis sifat Allah yang adil akan memberikan pembalasan yang sesuai dengan tatanan moral yang sudah ditetapkan. Namun pada kenyataannya dalam kisah Ayub tatanan tersebut sepertinya tidak berlaku, maka pertanyaan yang muncul seperti dalam tulisannya Bullock adalah ketika Keadilan Allah berbenturan dengan kebenaran manusia, apakah ada penyelesaiannya?[21]
Kitab Ayub dituliskan untuk mengetahui dan menyelidiki Keadilan Allah di mana penderitaan yang ekstrem terjadi kepada orang yang hidupnya benar. Dampak dari ketidakadilan yang ia rasakan memunculkan pertanyaan kepada Allah dalam bentuk protes. Bentuk pertanyaan atau protes Ayub sangat terlihat di dalam Ayub 9; 10; 19; 21; 30, 28; 6, 22, seruan yang menyatakan kebosanan hidupnya karena apa yang dia alami. Seruan Ayub tidak mendapatkan respon dari Tuhan, Ayub menganggap bahwa semuanya sama karena akan binasa. Suatu kewajaran pertanyaan yang ayub pertanyakan atas penderitaan yang ia alami.
Pertanyaan mengenai penderitaan atau kejahatan yang berdampak kepada penderitaan itu merupakan pertanyaan klasik yang selalu menarik untuk dipertanyakan. Keadaan di mana seseorang mengalami suatu hal yang sangat menyakitkan yang tidak sedikit menyebabkan keruntuhan iman. Mempelajari teodise secara singkat dan sederhana seperti penjelasan di atas tidak akan lengkap jika kita tidak meninjau Allah dari sudut kehamakuasaan-Nya dan ketidak terbatasannya Allah. Di sini penulis tidak beruhasa menjadi super hero kesiangan yang berusaha membela Allah terhadap tuduhan atau kecurigaan manusia yang mengalami penderitaan yang begitu luar biasa, namun  sangat tidak adil jika kita hanya melihat dari sudut pandang kita saja dalam melihat  penderitaan yang terjadi. Pertanyan yang keluar dari diri kita terhadap penderitaan itu sangat wajar, namun itu tidak menjadikan kita egois untuk mengabaikan aspek lain atau mengabaikan hal besar yang kita peroleh dari apa yang kita alami. Karena ada ungkapan yang mengatakan “jika ingin mengambil mutiara jangan melihat kulit kerangnya”. Diperlukan sudut pandang yang berbeda dalam melihat penderitaan yang terjadi, kita harus rendah hati dengan melepas terlebih dahulu kaca mata argumen kita.
Kaca mata Sudut pandang yang  harus digunakan adalah sudut pandang dari Alah sebagai Pribadi yang dalam hal ini sedang kita “adili” mengenai teodise yang ada. Dalam sudut pandang yang kita gunakan saat ini kita memiliki satu kata kunci yaitu “kedaulatan”, kata kunci yang akan membawa kita kepada pemahamand yang baru, tentu kita perlu menyediakan tenpat sedikit saja  di dalam gelas pikiran kita untuk bisa menerima pemahaman ini, jika kita paksakan gelas pikiran kita yang masih penuh dengan pemikiran lama kita maka akan sia-sia anda menghabiskan waktu membaca tuliisan ini, setidaknya tuangkan setengah terlebih dahulu pemikiran yang sudah dibangun dalam pikiran itu.kata  “Kedaulatan” Allah memberikan posisi dimana Allah adalah nilai tertinggi di dalam dan di atas alam semesta dengan kemutlakan itu maka Allah itu adalah mutlak, kekal dan tidak terbatas. Secara singkat dapat dikatakan bahwa Allah adalah ya ng tertinggi di atas segalanya, sehingga selain dari pada Allah sifatnya adalah fana.
Kedaulatan Allah tidak hanya sekedar berbicara mengenai Allah memiliki kuasa dan hak untuk mengatur semua hal, tetapi bahwa Allah memang mengatur segala  segala hal, demi kebijaksanaan dan maksud-Nya yang kudus. Seorang Teolog dan Hmaba Tuhan yanng bernama John Piper membagi 10 bagian kedaulatan Allah atas penderitaan: [22]
 1. Allah berdaulat atas pemerintahan Iblis atas dunia didelegasikan
Penderitaan yang karena kejahatan tidak terlepas dari seizin Tuhan dan keterlibatan Iblis yang memiliki kuasa dalam melakukan banyak hal di bumi ini (Yoh 12:31, 14:30, 16:11, Ef. 2:2), dengan menggerakan orang-orang yang dapat melakukan kejahatan terlebih orang-orang yang memiliki kekuasaan yang dapat menggunkan kekuasaan itu untuk kejahatan ( contoh: pembantaian oleh Hitler,dll) . Namun Alkitab dengan jelas menyatakan Tuhan memiliki kuasa atas penguasa-penguasa  atas bangsa-bangsa dan terlebih lagi atas kekuasaan Iblis yang menggerakan pemeritahan zalim untuk melakukan kejahatan (Mz. 33:10-11). Segala sesuatu tidak akan dapat terjadi tanpa seizin Tuhan dan tanpa rencana Tuhan yang berdaulat.
2.  Allah berkuasa Atas malaikat-malaikat Iblis (Setan-setan dan Roh-Roh Jahat)
Setan-setan atau Roh jahat itu nyata dan tertulis di dalam alkitab (Mat. 8:31, Yak. 2:19, Mat. 10:1, Luk. 7:21, Mat. 25:41). Bukti kedaulatan Allah atas para  malaikat-malaikat Iblis (Setan-setan dan Roh-Roh Jahat) sangat jelas terlihat dalam Matius 8:29-32. Peristiwa di mana ada seorang lelaki yang kerasukan ribuan setan, ungkapan dari roh-roh jahat itu memberikan bukti mengenai kekuassaan Tuhan atas mereka, “ apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Ada kah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?” pernyataan mereka menunjukan bahwa ada waktu tertentu yang sudah pasti di mana mereka akan di siksa sesudah waktunya. Yesus hanya menggunakan kata “pergilah” maka semua roh jahat itu taat kepada-Nya dan pergi meninggalkan mereka. Sangat nyata kedaulatan Allah atas malaikat-malaikat Iblis (Setan-setan dan Roh-Roh Jahat).
3. Allah berkuasa atas tangan Iblis di dalam Penganiayaan
            Rasul Petrus menggambarkan penderitaan itu seperti rahang singa yang mencoba menelan dan menghancurkan iman orang-orang percaya kepada Kristus. Alkitab memberikan jawaban mengenai penderitaan itu dibawah kehendaknya Allah, 1 Petrus 3:17, menjelaskan jika kita menderita karena berbuat baik itu adalah hal yang dikehendaki Allah memberikan pengertian jika saat kita berbuat baik kita mengalami penderitaan itu karena kehendak Allah maka kita akan menderita, jika kita berbuat baik Allah tidak menghendaki menderita maka kita tidak akan menderita. Maka dapat dikatakan bahwa penentunya adalah kehendak Allah, bukan harang singa yang mengaum tersebut.
4. Allah berkuasa atas kuasa Iblis untuk mengambil hidup
             Iblis memuliki kuasa untuk membunuh manusia, Yohanes 8:44 ada kalimat yang menyatakan “Iblis adalah pembunuh manusia sejak semula”, wahyu 2:10 “Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antara mu ke dalaam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari, hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepada mahkota kehidupan. Namun di atas segalanya itu tidak ada yang hidup dan tidak ada yang mati tanpa keputusan  kedaulatan Allah (Ul. 32:39). Tidak ada dewa, tidak ada setan, tidak ada Iblis yang dapat melempar seseorang ke dalam kematian jika Allah menghendaki orang tersebut hidup (1 Samuel 2:6))
Allahlah memberikan keputusan akhir mati hidupnya manusia bukan Iblis. Hidup kita semata-mata ada dalam tangan-Nya bukan dalam tangan Iblis. Allah berdaulat atas kuasa Iblis untuk mengambil hidup.
5. Allah berkuasa atas tangan Iblis di dalam bencana Alam
            Berbagai bencana alam terjadi itu semua tidak terlepas dari campur tangan Iblis yang mendapat Izin Tuhan, sebagaimana kisah Ayub (Ayb. 1:11-12). Tanpa seizin Tuhan maka Iblis tidak akan pernah bisa melakukan itu semuanya. Bukti kuat yang menyatakan kekuasaan itu adalah milik Allah terlihat dari ungkapan Ayub yang menyatakan Tuhan memberi dan Tuhan menngambil terpujilah nama Tuhan, sangat jelas hanya Tuhan yang berdaulat bukan Iblis. Allah sebagai penguasa dari alam semesta ini tidak dapat diragukan lagi, bagaimana Yesus menghardik air danau yang mengamuk menjadi teduh dengan dua kata, “diam dan tenanglah” (Mrk. 4:39; Mzm. 135:5-7; 148:7).
6. Allah berkuasa atas kuasa Iblis untuk mendatangkan penyakit
            Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa Iblis dapat menimbulkan penyakit. Kis 10:38 menjelaskan kuasa Tuhan atas orang sakit dan menjelaskan tentang Iblis menguasai orang sakit. Dalam lukas 13:16 mengisahkan tentang seorang perempuan yang bongkok delampan belas tahun diikat oleh Iblis. Dengan demikian tidak ada salah nya jika kita katakan bahwa Iblis penyebab banyak penyakit. Yang harus kita yakini adalah bahwa Iblis tidak berdaulat atas penyakit kita. Kita Ayub memberikan pelajaran bagi kita saat Iblis menghadap yang kedua kalinya, Izin Tuhanlah yang menjadi akses masuk Iblis untuk menyerang tubuh Ayub dengan penyakit (Ayb.2:7). Keberdaulatan Tuhan tidak akan pernah di bandingan dengan apapun, Iblis yang memiliki banyak rancangan jahat terhadap manusia tidak akan pernah dapat terwujud tanpa izin Tuhan.
            7. Allah berkuasa atas penggunaan Binatang dan Tumbuh-tumbuhan oleh Iblis
            Iblis yang digambarkan sebagai binatang seperti singa dalam 1 Petrus 5:8, sebagai seekor naga dalam Wahyu 12:9, kisah dalam kejadian 3 membuktikan bahwa Iblis ddapat menggunakan binatang-binatang ataupun tumbuhan. Binatang-binatang yang dapat menyebabkan kematian yang dapat menyebarkan penyakit. Kekuasaaan tertinggi tetap dipegang oleh Tuhan dalam hal ini Iblis hanya pribadi yang menumpang menggunakan ciptaan Tuhan untuk tujuannya. Namun Iblis tidak dapat membuat mereka melakukan sesuatu yang dilarang Tuhan untuk dilakukan. Lewiatan yang digunakan Allah bermain-main dalam laut (Mzm. 104:26), nyamuk-nyamuk kecil menyerbu seluruh Mesir (Kel. 8:16-17). Dalam kisah Yunus yang di telan ikan besar karena penentuan Allah (Yu. 1:17) dan dimuntahkan oleh ikan itu (Yun 2:10), penentuan Tuhan mengenai pohon jarak dan ulat (Yun 4:6-7), semuanya taat akan penentuan Tuhan. Iblis mungkin dapat mencuri kesempataan dalam hal ini, namun Allahlah yang memiliki kedaulatan.
            8. Allah berkuasa atas godaan Iblis untuk berbuat dosa
            Banyak penderitaan kita datang dari  dosa orang lain terhadap kita, dan dari dosa kita sendiri. Iblis di sebut sebagai pencoba dan penggoda (Mat. 4:3; 1 Tes 3:5) terlihat dari awal manusia digoda oleh Iblis (Kej 3:14-19; Rm. 8:21-23). Penyaliban yang Yesus alami itu bukan tanggung jawab Iblis yang merasuki Yudas untuk menjualnya itu semuanya adalah penggenapan yang harus terjadi (Kis. 1:16;Kis 2:23), Allahlah yang bertanggung jawab atas penyaliban Yesus. Dalam penyangkalan Petrus terhadap Yesus Iblis terlibat di dalamnya, namuan Yesus memberikan batasan kepada Iblis untuk tidak terlalu jauh bertindak, doa Yesus untuk Petrus supaya Iman Petrus tidak gugur, bukti kedaulatan penuh Yesus terwujud dari kalimat “kamu akan jatuh  tapi tidak akan tergeletak”. Kembali lagi Allah yang berdaulat.
9. Allah berkuasa atas kuasa Iblis untuk pembutaan Pikiran
            Penderitaan yang paling buruk dari semua adalah penderitaan kekal di neraka, dan Iblislah yang sudah seharusnya mengalami itu (Why. 20:10). Dengan demikian maka sasaran dia adalah membawa orang sebanyak-banyaknya kesana. Karena Injil merupakan kekuatan Allah untuk menyelamatkan maka Iblis berusaha membutakan orang terhadap Injil. Sebagiman yang dikatakan dalam surat 2Korintus 4:4, ada orang-orang yang pikirannya dibutakan oleh ilah-ilah jaman (Iblis), ini merupakan senjata Iblis yang sangat berbahaya dan sangat efektif membawa banyak orang ke neraka, dalam 2 ayat selanjutnya digambarkan kuasa Allah untuk menghapus kebutaan yang berdaulat atas kuasa Iblis yang membutakan itu. Penyelamatan dalam keberdosaan sebagai wujud belaskasihn Allah kepada kita, Injil menjadi sarana untuk membukakan kebutaan kita, terwujud otoritas kedaulatan Allah yangb memberikan kehidupan dan penglihatan. Iblis adalah musuh yang sangat mengerikan terhadap Injil. Tapi Iblis tidak berdaulat  Allahlah yang berdaulat.
            10. Allah  berkuasa atas jerat Rohani Iblis
            Iblis memperbudak manusia dalam dua cara yaitu: pertama,  dengan kesengsaraan dan penderitaan, yang membuat kita berpikir bahwa tidak ada Allah yang layak dipercaya. Kedua adalah dengan kesenangan dan kemakmuran, yang membuat kita berpikir kita sudah memiliki semuanya sehingga tidak ada Allah yang relevan. Kita harus mengakui Allah itu baik, kita harus mengakui bahwa kesenangan dan kemakmuran hidup tidak sebanding dengan nilai Allah. Pertobatan merupakan jalan untuk terhindar dari jerat Iblis. Namun Iblis akan berusaha menghalangi itu. Tuhan akan memberikan kesempatan untuk orang bertobat (2 Tim 2:24-26)  ini merupakan bentuk dari kedaulatan Tuhan yang tidak dapat dilawan oleh Iblis jika Tuhan sudah memberikan pertobatan. Kita akan terlepas dari jerat si jahat karena kedaulatan Tuhan.
            Keterkaitan teodise dengan kedaulatan Allah sangat erat. Pertanyaan besar mengenai ketidak adilan seperti yang Ayub rasakan (Ay.10) dan beberapa tokoh Alkitab seperti Yeremia (Yer. 12:1), Habakuk (Hab.1:12-13) dan Pemazmur (Mzm 73) dan orang-orang benar dan beriman di sepanjang masa. Ketidak adilan yang mereka rasakan tersebut sesungguhnya menunjukkan Keadilan Allah itu sendiri. Bukti dari keadilan Allah yang mutlak itu adalah pemeliharaan Allah kepada orang yang mengalami penderitaan tersebut dari pemeliharaan Allah di dalam ketidak adilan membuktikan sifat Allah yang adil. Kekonsistenan Allah diwujudkan dengan tetap membedakan mana yang benar dan mana yang salah, akan tetap dinyatakan siapa yang menjadi korban dan siapa yang menjadi pelaku pelanggaran, yang mendakwa dan yang terdakwa. Kemutlakan dan kekonsistenan sifat Allah dalam Keadilan, dengan demikian dibuktikan oleh Allah dengan cara membenarkan, memperbaiki, memulihkan, dan menegakan Keadilan yang manusia anggap suatu ketidak adilan. Sekalipun penderitaan diizinkan Tuhan terjadi kepada orang benar, baik melalui kejahatan, kesakitan, ataupun bencana alam, namun penderitaan itu tidak akan membinasakan melainkan orang benar akan hidup dengan keyakinannya di bawah naungan Keadilan Allah. Penderitaan dan ketidak adilan yang dirasakan orang-orang benar seperti Ayub, Habakuk, Yeremia dan pemazmur atau orang-orang benar pada masa sekarang ini disertai dengan karya penyelamatan Allah bagi mereka.[23]
Tindakan Allah dalam Keadilan yang Ia lakukan menekankan kebenaran-Nya dalam kekudusan-Nya untuk memberikan pengertian kemahatinggian dan ketidak terbatasan Allah kepada umat manusia. Penderitaan orang benar dalam Keadilan Allah juga menjadi penderitaan bagi Allah, Sebagaimana penderitaan yang Yeremia alami menjadi pencerminan solidaritas Allah kepada umat-Nya. Penderitaan Yeremia harus menjadi ibarat tentang penderitaan Allah, yang karena Keadilan-Nya umat Allah harus mengalami tragedy yang menyakitkan.[24] Hal ini membuktikan bahwa Allah tetap menyertai umat-Nya di dalam penderitaan. Kekudusan Allah tidak dapat dibandingkan dengan apapun, ukuran kualitas moral tidak dapat menjadi ukuran kekudusan Allah karena kekudusan-Nya berkaitan dengan kemuliaan-Nya dalam melakukan segala sesuatu. Dalam kekudusan Allah, Ia tidak ada kompromi dengan hal-hal diluar dari sifatnya, termasuk tidak kompromi dengan kejahatan yang menyebabkan penderitaan orang benar.





[1] Hill, Survei Perjanjian Lama, 420.
[2] Perdian K.M. Tumanan, Masalah Dalam Kejahatan (Veritas:  Jurnal dan Pelayanan, 2009), 171-187.
[3] John M. Frame, Sebuah Pengantar: Apologetika Bagi Kemuliaan Allah (Surabaya: Penerbit Momentum, 2011), 191.
[4] Robert John Ackermann,  Agama Sebagai Kritik: Analisis Eksistensi Agama-Agama Besar (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997), 18.
[5] Meister, C. V, Introducing Philosophy of Religion (New York: Routledge, 2009), 129.
[6] Timothy Keller, Rasio bagi Allah (Surabaya: Momentum,2008), 40.
[7] Roland H. Nash, Iman dan Akal budi (Surabaya: Momentum,2001), 727.
[8] John M. Frame, Sebuah Pengantar: Apologetika Bagi Kemuliaan Allah (Surabaya: Momentum, 2011), 192.
[9] Ronald H. Nash, Usaha Mencari Iman yang Rasional: Iman dan Akal Budi (Surabaya: Momentum, 2007), 273.
[10] Alvin C. Plantinga,  Allah, Kebebasan, dan Kejahatan (God, Freedom, and Evil), (Surabaya: Momentum, 2003), 3.
[11] Shimon Bakon, http://www.jbq.jewishbible.org//library/journal/assets/Uploads/303/303_SUFFER30 (Diakses pada tanggal 8 March 2016 pukul 16:08)
[12] Pdt.Dr. Martinus Theodorus Mawene, Perjanjian Lama dan Teologi Kontekstual (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015), 110.
[13] G. Johannes Botterweck, Theological Dictionary of The Old Testament Vol. IV (Grand Rapids: Michigan Cambridge, 1988), 87.
[14] B. Johnson, mišp̠āṭ (מִשְׁפָּט (Mišp̠āṭ) ), šep̠̠̠̠̱̱eṭ (שֶׁפֶט), dalam Theological Dictionary of The Old Testament Volume IX, (Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company, 2003), 87-89.
[15] Genhard von Rad, Old Testament Vol I: The Theology Of Israel’s Historical Traditions (London:Harpes & Row, Publishers, 1962), 370-371.
[16] Wright Kuiper, Perjanjian Lama Terhadap Sekitarnya, (Jakarta: BPK-Gunung Mulia, 1995), 137.
[17] Robert Gordis, The Book Of God and Man: A Study Of Job (London: Chicago Press, 1965),136.
[18] Christoph Barth, Teologi Perjanjian Lama, 101.
[19] C. Hassel Bullock, Kitab – kitab Puisi dalam Perjanjian Lama (Malang: Gandum Mas, 2014), 90.
[20] Brueggemann, Teologi Perjanjian Lama: Kesaksian, Tangkisan, Pembelaan , 433.
[21] Bullock, Kitab – kitab Puisi dalam Perjanjian Lama, 91.
[22] John Piper dan Justin Taylor, Penderitaan dan Kedaulatan Allah (Surabaya: Momentum,2012),11-24.
[23] Dr. Barnabas Ludji, Pemahaman Dasar Perjanjian Lama ( Bandung: Bina Media Informasi, 2009), 58.
[24] Ludji, Pemahaman Dasar Perjanjian Lama, 101

Tidak ada komentar:

Posting Komentar